SMKN 3 Buka Kompetensi Keahlian Baru

SMKN 3 Kuala Kapuas membuka Paket Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan.

         

Kabupaten Kapuas adalah suatu daerah yang sebagian besar adalah kawasan yang sangat luas sumber daya alamnya, khususnya di bidang pertanian dan Perkebunan.  Dengan kemajuan teknologi daerah ini banyak Perusahaan Perkebunan yang masuk untuk membuka peluang usaha terutama bidang Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit.

          Sehingga kawasan perusahaan tersebut memerlukan tenaga yang mengharuskan memiliki kemampuan  ( skill ) ilmu pengetahuan dan tehnologi untuk menjadikan Kabupaten Kapuas  khususnya dan Kalimantan Tengah pada umumnya menjadi daerah yang lebih produktif di bidang Perkebunan.

          Hal inilah yang mendorong timbulnya ide dari teman-teman keluarga besar SMKN 3 Kuala Kapuas untuk berusaha  membuka Paket keahlian Agibisnis Tanaman Perkebunan, dengan harapan SMKN 3 Kuala Kapuas dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia yang mampu mengisi kebutuhan tenaga di bidang Dunia Usaha dan Dunia Industri  DU/DI  di perusahaan perkebunan di Kalimantan Tengah terutama  untuk bisa mengatasi semua masalah yang ada  di sektor perkebunan terutama  tanaman perkebunan kelapa Sawit.

           Dengan semangat dan perjuangan teman-teman maka SMKN 3 Kuala Kapuas  bahwa Paket keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan pada bulan Juli tepatnya tanggal 19 Juli 2019,  resmi di setujui , dengan Surat Keputusan yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah yang saat ini di jabat oleh Bapak Dr. H. Slamet Winaryo, M.Si, dengan Nomer: 425.2/ 0824 / PSMK /III/2019. Tentang  IJIN OPERASIONAL KOMPETENSI KEAHLIAN AGRIBISNIS TANAMAN PERKEBUNAN (ATP)  SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 KUALA KAPUAS.

Dengan berdasarkan surat keputusan ini pula maka SMKN 3 Kuala Kapuas mulai saat ini pula menerima siswa baru Paket Keahlian ATP  melalui program PPDB tahun ajaran 2019/2020, angkatan pertama.

          Semoga dengan telah dibukanya Paket keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan ini diharapkan bisa mengangkat dan mengembalikan masa kejayaan sekolah seperti  tahun 1998 yang pada saat itu bernama Sekolah Menengah Tehnologi Pertanian ( SMTP 1 ) Kuala Kapuas.


By. Eka Jaka Nugraha, SP